welcome..

Selamat datang di blog saya

WELCOME

WELCOME

Rabu, 22 Juni 2011

 






ABSTRAK


UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
THINK PAIR SHARE
 (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI 2 Katibung Kabupaten Lampung Selatan Semester Genap Tahun Pelajaran 2008/2009)


Oleh

Aulia Gustina Citra

Siswa kelas VIII SMP PGRI 2 Katibung tahun pelajaran 2008/2009 memiliki aktivitas belajar yang rendah.  Pembelajaran masih didominasi oleh guru.  Siswa hanya memperha­tikan saat guru menjelaskan.  Dalam belajar berkelompok siswa cenderung mengandalkan siswa lain yang dianggap lebih pandai.  Aktivitas yang rendah berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika siswa.  Oleh sebab itu, maka diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mengem­bang­kan ke­mam­puan siswa kelas VIII tersebut untuk berpartisipasi lebih aktif dalam pembelajaran dan mem­­berikan kesempatan untuk bekerja sen­diri ataupun nekerja sama dengan orang lain.  Pene­litian ini bertujuan untuk mengetahui  peningkatran aktivitas belajar siswa yang berimplikasi pada peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share.  Tindakan pembelajaran dalam penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus.  Kegiatan pada se­tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.  Data pe­ne­­litian diperoleh melalui observasi pada saat pembelajaran, dan tes pada setiap akhir siklus.  Hasil pene­li­tian dan pembahasan menunjukkan bahwa penerapan mo­del pembel­ajaran ko­ope­ratif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan aktiv­itas siswa  yang ber-dam­pak pada meningkatnya hasil belajar siswa. 

Kata kunci: aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, Think Pair Share.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar