ABSTRAK
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
THINK PAIR SHARE
(Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI 2 Katibung Kabupaten Lampung Selatan Semester Genap Tahun Pelajaran 2008/2009)
Oleh
Aulia Gustina Citra
Siswa kelas VIII SMP PGRI 2 Katibung tahun pelajaran 2008/2009 memiliki aktivitas belajar yang rendah. Pembelajaran masih didominasi oleh guru. Siswa hanya memperhatikan saat guru menjelaskan. Dalam belajar berkelompok siswa cenderung mengandalkan siswa lain yang dianggap lebih pandai. Aktivitas yang rendah berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika siswa. Oleh sebab itu, maka diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan siswa kelas VIII tersebut untuk berpartisipasi lebih aktif dalam pembelajaran dan memberikan kesempatan untuk bekerja sendiri ataupun nekerja sama dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatran aktivitas belajar siswa yang berimplikasi pada peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Tindakan pembelajaran dalam penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Kegiatan pada setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi pada saat pembelajaran, dan tes pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas siswa yang ber-dampak pada meningkatnya hasil belajar siswa.
Kata kunci: aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, Think Pair Share.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar